Home » , » Proyek Minor Bab 1

Proyek Minor Bab 1

Written By Unknown on Kamis, 02 Mei 2013 | 07.10



BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang Masalah
Pada saat sekarang ini Teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat. Contohnya penggunaan komputer sebagai salah satu sarana penunjang dalam sistem informasi dapat memberikan hasil yang lebih untuk output sebuah sistem, tentunya bila sistem di dalamnya telah berjalan dengan baik.

Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan umum membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan handal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Dengan lingkup pelayanan yang begitu luas, tentunya banyak sekali permasalahan kompleks yang terjadi dalam proses pelayanan di rumah sakit. Banyaknya variabel di rumah sakit turut menentukan kecepatan arus informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan lingkungan rumah sakit. Pengelolaan data di rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi di rumah sakit. Misalkan suatu sistem pendaftaran pasien rawat inap, rawat jalan atau sebagainya, ada beberapa rumah sakit yang masih menggunakan Pengelolaan data secara tulis tangan, tentu saja masih mempunyai banyak kelemahan, contohnya keakuratan kurang dapat diterima karena kemungkinan kesalahan cukup besar, dan  membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengolahan datanya.
Rumah Sakit Umum Indah yang berada dikota bagan batu merupakan salah satu rumah sakit yang dalam sistem pengolahan data disetiap bidangnya masih secara tulis tangan. Contohnya saja pada pengolahan data rawat inap pasien yang dilakukan masih secara tulis tangan. Hal ini mungkin dapat menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan dalam setiap aspeknya.
Dengan dukungan teknologi informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolahan data dengan cara tulis tangan dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih akurat, serta kesalahan tidak terlalu besar. Data yang akurat bila diproses akan menghasilkan informasi yang akurat. Informasi akurat sangat berguna untuk membuat keputusan, baik bagi manajemen maupun yang lain.
Dari beberapa hal tersebut dapat dilihat mengenai perlunya pengadaan sebuah sistem informasi untuk diterapkan pada rumah sakit umum indah dalam melakukan pengolahan datanya. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis menyusun Tugas ini dengan Judul :
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RAWAT INAP PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM INDAH BAGAN BATU BERBASIS VISUAL BASIC.NET .
1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis membuat rumusan masalah yang dihadapi sebagai berikut :
a.       Bagaimana merancang sistem informasi pendataan rawat inap pasien
b.      Bagaimana proses pengolahan data rawat inap pasien
c.       Bagaimana laporan yang disajikan oleh sistem
1.3         Ruang Lingkup Masalah
Untuk menghindari terjadinya penyimpangan permasalahan dari tugas yang dibuat, maka penulis memberi batasan atau ruang lingkup masalah sebagai berikut:
a.       Perancangan sistem informasi menggunakan Visual basic.NET
b.      Database yang digunakan adalah database MySQL
c.       Sistem informasi yang dirancang hanya mengenai tentang rawat inap pasien
1.4         Tujuan & Manfaat Penelitian
1.4.1        Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi, penulis membuat tujuan penelitan sebagai berikut :
a.      Membangun sebuah sistem informasi pengolahan data rawat inap pasien dengan menggunakan program komputer
b.      Membuat hasil output yang lebih efisien dan lebih akurat serta baik dalam menyajikan informasi yang akurat
1.4.2        Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian dari tujuan penelitian tugas yang dibuat ini ialah sebagai berikut :
a.      Memberikan kemudahan kepada staf tata usaha rumah sakit dalam mengelola data rawat inap pasien
b.      Membantu pihak rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit serta mempermudah dalam mengambil keputusan manajerial
1.5         Metodologi Penelitian
Dalam melakukan penyusunan tugas ini, sebelumnya penulis melakukan penelitin terlebih dahulu guna mendapatkan kejelasan-kejelasan dari data yang diinginkan. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian dengan 2 metode penelitian, yaitu sebagai berikut :
1.      Penelitian Lapangan (Field Research)
Dalam metode penelitian ini penulis melakukan penelitian langsung ke rumah sakit umum indah untuk mendapatkan informasi yang dicari. Dalam mendapatkan informasi yang diinginkan penulis melakukan 2 cara, yaitu :
a.       Wawancara (Interview)
Dalam hal ini penulis melakukan tanya jawab langsung kepada orang yang berhak memberikan informasi pada rumah sakit umum indah.
b.      Pengamatan (Observasi)
Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan langsung ke rumah sakit guna mengetahui atau mendapatkan informasi yang diinginkan.
2.      Penelitian Pustaka (Library Research)
Dalam metode penelitian ini penulis melakukan penelitian yang berdasarkan buku-buku atau sumber lainnya yang masih berkaitan dengan data penelitian yang dibutuhkan.
1.6         Sistematika Penulisan
          Guna memberikan kejelasan pada setiap bab yang terdapat didalam tugas ini, penulis melakukan uraian-uraian sebagai berikut :
BAB   I        PENDAHULUAN
          Dalam bab ini penulis memberikan penjelasan mengenai latar belakang masalah yang dibahas, rumusan masalah, ruang lingkup masalah, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB   II       PROFIL RUMAH SAKIT
Dalam bab ini berisikan tentang sejarah singkat rumah sakit umum indah, visi dan misi rumah sakit, logo dan makna logo rumah sakit, denah lokasi, struktur organisasi rumah sakit, serta tugas dan wewenang dari setiap unit yang ada pada struktur organisasi rumah sakit.
BAB   III     LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis memberikan penjelasan dari setiap istilah-istilah yang terdapat didalam tugas ini. Misalnya pengertian sistem, informasi, visual basic, mysql dan lain sebagainya yang diambil dari buku-buku atau dari internet sebagai referensinya.
BAB   IV     EVALUASI SISTEM
Dalam bab ini berisikan tentang tahapan analisa terhasap sistem yang sedang berjalan dan sistem yang akan diusulkan.
BAB   V       PENUTUP
Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai kesimpulan dan saran.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Agus Wahyudi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger